Online . Writing . Technology . Business

Bagaimana Mengirim Naskah Buku ke Penerbit Grasindo

Visikata akan mulai menyajikan tulisan tentang bagaimana mengirim naskah ke penerbit. Jika kami memulai dengan penerbit Grasindo karena kebetulan terdapat tulisan dari penerbit Grasindo di facebook dengan judul ‘Satu Langkah Sebelum Mengirim Naskah”. Kami juga mengambil referensi dari website penerbit grasindo.

Naskah buku jenis apa saja yang diterima penerbit Grasindo?

  • Penerbit Grasindo menerima naskah buku fiksi dan non fiksi

Bagaimana persyaratan naskah buku tersebut?

  • Panjang naskah 70-150 halaman A4, spasi 1, Times News Roman 12
  • Kirimkan dalam bentuk print out (yang sudah dijilid rapi), sertakan sinopsis lengkap
  • Atau, kirimkan proposal naskah via e-mail. Bila naskahmu menarik, redaksi akan menghubungimu untuk pembahasan lebih lanjut.

Kepada siapa ditujukan pengiriman naskah buku tersebut?

Kepada :
REDAKSI GRASINDO
Gd. Kompas Gramedia, Unit I Lt.3
Jl. Palmerah Barat No. 33-37, Jakarta 10270

Jika Anda akan mengirimkan naskah, jangan lupa untuk konfirmasi!

Telp: 021-53650110, ext. 3301, 3303

Berapa lama prosesnya?

Setiap naskah akan diproses langsung oleh redaksi. Waktu yang diperlukan sekitar 4 bulan, mengingat banyaknya naskah masuk setiap harinya. Harap maklum.

Naskah-naskah buku seperti apa yang sedang dicari?

Kategori nonfiksi yang dicari:

  • Teknologi Informasi
  • Pengembangan diri
  • How to
  • Cerita inspiratif
  • Lifestyle
  • Traveling
  • Pengetahuan populer

Kategori naskah khusus:

  • Tentang kesehatan, perawatan bayi, tips-tips menjaga kebugaran, tips menhindari penyakit dsb
  • Tentang komputer, mengenai mengajar komputer untuk anak-anak.
  • Tentang pertanian, cara praktis bertanam buah, dsb.
  • Tentang informasi menarik, misalnya membongkar kasus malpraktik kedokteran,  cerita investigasi suatu kasus  besar, dsb.
  • Tentang peluang bisnis, misalnya peluang usaha yang didasarkan success story.

Satu Langkah Sebelum Mengirim Naskah

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan kepada Grasindo Publisher, berkaitan dengan pengiriman naskah, penerbitan buku, dan semacamnya. Secara sekilas, akan kami bentangkan supaya teman-teman semua memperoleh informasi, dan bersemangat untuk menulis.

Q: Saya mau menerbitkan buku, bagaimana prosesnya?

A: Prosesnya secara singkat adalah: penulis mengirim naskah/tulisannya ke penerbit, naskah diseleksi oleh editor, editor dan penulis bekerjasama hingga naskah jadi buku, naskah dipasarkan ke pembaca-pembaca.

Q: Apakah naskah saya bisa diterbitkan?

A: Tergantung proses seleksi. Tim editorlah yang akan menyeleksi naskah Anda. Ada banyak faktor yang dipertimbangkan dalam seleksi tersebut, tapi biasanya dapat disederhanakan menjadi dua saja.

Q: Dua faktor itu apa saja?

A: Dua faktor itu adalah: (1) apakah materi naskah itu baik, pantas, informatif, (2) apakah buku itu mampu kita jual. Jadi, dengan kata lain, bikin buku boleh idealis, tapi tetap harus memperhatikan unsurmarketable.

Q: Hmmm, contohnya?

A: Okay, ada buku yang bagus tapi secara market susah. Misalnya, ada naskah Keunggulan Hamster Zimbabwe. Mungkin, naskah itu ditulis oleh ahli hewan yang mumpuni, dilengkapi data-data akurat dan ilmiah, serta laporan detail, sehingga kita tidak bisa memungkiri bahwa penulis ini memang hebat. Tetapi, dari segi market, kita akan melihat bahwa ternyata penggemar hamster tidak banyak, hamster Zimbabwe harus didatangkan dulu dari sana. Sebaliknya, bisa jadi naskah yang diperkirakan akan laku, tidak memiliki kelayakan secara isi. Misalnya, boleh jadi ada naskah dari artis terkenal, tapi isinya provokatif ke hal-hal negatif.

Q: Kenapa sih pake rumit segala?

A: Lhoh, tidak rumit kok, prosesnya kan jelas. Sebagai publisher, tentu kita memperhatikan kualitas, sekaligus menjaga supaya buku-buku itu benar-benar dibaca. Bayangkan, buku-buku itu dibuat dari kertas-kertas yang tak lain merupakan pohon-pohon yang tidak boleh asal ditebang kan. Jika asal-asalan menerbitkan buku-buku secara masif, akhirnya hanya menumpuk di gudang, alangkah kasihannya bumi. Think green, dong.

Q: Hmm, intinya hanya buku yang laku saja yang diterbitkan?

A: Siapa bilang. Tentu kita punya pemecahan untuk buku-buku yang sangat segmented. Untuk beberapa judul, kita menjalin kerjasama dengan sponsor, berupa yayasan, institusi, korporasi, atau perusahaan tertentu. Dengan sokongan dari mereka, kita bisa mencetak dan mendistribusikan ke pasar-pasar yang jelas. Biasanya, penulis sudah aktif menggandeng sponsor tertentu. Atau, bisa jadi, tim Grasindo ikut mencari sponsor.

Q: Yaa, that’s great! Ada persyaratan khusus pengiriman naskah?

A: Haha, enggak. Simpel saja. Silakan kirim naskahmu, boleh hardcopy atau softcopy ke alamat Grasindo (ada di profile info), atau via email ke: ariobimo@gramediapublishers.com, adinto.fajar@gramediapublishers.com. Kirim dengan format yang jelas dan mudah dibaca. Selain itu, sertakan pula tulisan/proposal, berisi: (1) siapa pembaca buku saya nanti, (2) mengapa buku saya layak diterbitkan, dll.

Pesan dari editor penerbit Grasindo kepada para penulis buku:

Ingat, Grasindo Publisher merupakan penerbit buku-buku beragam, baik buku pelajaran, buku umum, novel, referensi, parenting, dan lain-lain. Sebelum mengirim, pastikan Anda sendiri sudah menguasai naskah Anda tersebut.

Hosting Stabil & Aman, Silahkan Klik

Keyword yang digunakan pengunjung:

penerbit grasindo, penerbit buku novel, cara mengirim naskah ke penerbit gramedia, cara menerbitkan novel di gramedia, naskah buku, grasindo penerbit, grasindo publisher, menjadi penerbit buku, kirim naskah ke gramedia, mengirimkan naskah ke penerbit, cara mengirim naskah buku ke penerbit, kirim naskah ke penerbit, tips mengirim buku, cara mengirim naskah ke penerbit, penerbit yang menerima naskah novel, syarat pengiriman naskah novel, mengirim naskah novel ke gramedia, kirim naskah grasindo, Perusahaan yang menerbitkan cerita, email penerbit buku cerita, tempat mengirim karangan cerita, cara kirim proposal buku ke penerbit bbuku fotografi
Similar posts

8 Comments

  1. February 19, 2013    

    Saya mempunyai sebuah karya tulis tentang sebuah kehidupan yang saya alami disekitar saya, saya membuat tulisan ini sebenarnya untuk orang-orang terdekat saya, tetapi setelah saya berfikir jauh, adakalanya buku saya ini bisa dibaca oleh semua orang, agar setiap manusia bisa lebih menghargai kehidupan yang telah diberikan tuhan kepada kita,,, satu hal yang saya pikir kan, siapa yang akan membantu saya menerbitkan tulisan ini, saya tidak hanya sekedar mencari materi disini, saya hanya ingin kita semua bisa menghargai setiap langkah kehidupan dan mensyukuri sebuah nikmat.

  2. baekhyun's Gravatar baekhyun
    February 27, 2013    

    bisa mengirim kumpulan cerpen

  3. baekhyun's Gravatar baekhyun
    February 27, 2013    

    apakah bisa mengirim kumpuan cerpen?

  4. March 3, 2013    

    Kumpulan cerpen seharusnya bisa tapi tergantung kepada kebijaksanaan penerbit yang bersangkutan

  5. April 11, 2013    

    saya sering menulis cerita nyata dari pengalaman saya pribadi dan orang lain di sekitar saya. isi ceritanya mengenai kehidupan di daerah tertinggal di tempat saya mengajar.banyak cerita yang menurut saya perlu diketahui oleh orang lain
    Bagaimana caranya agar tulisan saya menjadi menarik untuk kemudian bisa dikirimkan ke penerbit?mohon bantuan infonya.trims

  6. April 15, 2013    

    Saya punya naskah buku berjudul “Bercinta dengan Tuhan” buku ini jenis fiksi berisi kisah nyata, Kehidupan Rosulullah, para ulama, cerita KKN Penulis waktu masih jadi mahasiswa, bisakah aku kirim kan,

    Arif Nuryadin, S.Pd

  7. Umi nariyah's Gravatar Umi nariyah
    April 24, 2014    

    Saya ibu rumah tangga berusia 40 tahun.

    Saya mempunyai riwayat hidup yang amat rumit didalam keluarga, perlakuan masa kecil yang sangat buruk oleh orang tua dan keluarga. masih saja membekas sampai saat ini.

    Saya sudah menulis sebagian kisah hidup saya, tepatnya isi tulisan ini berupa curhatan, tanpa dialog.
    Saya masih bingung, masalahnya masuk katagori apakah tulisan saya ini…?
    Dan dapatkah saya mengirimkannya?

    Hormat saya,
    Umi Nariyah

  8. May 12, 2014    

    Tulisan Ibu Umi termasuk Non Fiksi->AUtobiografi
    Bisa dikirimkan kepada penerbit2 yang menerima naskah non fiksi.

    Untuk memngirim naskah ke sebuah penerbit perlu dibuat sinopsisnya terlebih dahulu.

    Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>


Inspirasi Menulis

Pengarang yang latah tanpa kepekaan, ibarat memancing atau menjaring di kolam mandul — Budi Darma