Online . Writing . Technology . Business

Cerita Anak Bukan hanya sekedar membawa Pesan Moral tapi juga Kemajuan Sebuah Bangsa

McClelland adalah seorang psikolog sosial yang tertarik pada masalah –masalah pembangunan. Melalui penelitian dan pembuktian yang nyata, dia sampai pada kesimpulan lain mengenai kegunaan cerita anak, di samping untuk menyampaikan pesan moral.

cerita-anakMcClelland mempertanyakan, mengapa ada bangsa-bangsa tertentu yang rakyatnya bekerja keras untuk maju, dan dengan ada yang tidak. Dia memperbandingkan bangsa Inggris dan Spanyol, yang pada abad ke-16 merupakan dua negara raksasa yang kaya raya, namun sejak saat itu Inggris terus berkembang menjadi semakin besar. Sesangkan Spanyol menurun menjadi negara lemah. Mengapa hal itu terjadi? Apa penyebabnya?

Setelah mencari beberapa aspek akhirnya dia menemukan jawabannya pada cerita dan dongeng anak-anak di kedua negri.

Kelihatannya, dongeng dan cerita anak-anak di Inggris pada awal abad ke-16 itu mengandung semacam virus yang menyebabkan pembacanya terjangkiti penyakit ‘butuh berprestasi’, the need for . Sedangkan cerita anak dan dongeng yang ada di Spanyol justru lebih dominan pada cerita-cerita yang menggambarkan kelucuan dan kelicikan.

McClelland juga mengumpulkan 1300 cerita anak-anak dari banyak negara dari era 1925 dan 1950. hasil penelitiannya menunjukkan bahwa cerita anak-anak yang mengandung nilai ‘Achievement’ yang tinggi pada suatu negeri, selalu diikuti dengan adanya pertumbuhan yang tinggi pula negeri itu dalam kurun waktu 25 tahun kemudian.

Demikian di kemukakan Ismail Marahimin.

Pada tahun 2004, Glory Gracia seorang mahasiswi S2 Psikologi melakukan penelitian pada 85 cerita berbentuk dongeng di sebuah majalah anak-anak. Hasilnya hanya 5 cerita yang memberikan semangat ‘Achievement’.

Bagaimana cerita anak-anak yang beredar saat ini di Indonesia?

Hosting Stabil & Aman, Silahkan Klik

Keyword yang digunakan pengunjung:

cerita yang mengandung pesan moral, cerpen yang mengandung nilai moral, cerita anak, cerpen yang mengandung pesan moral, cerita moral, pengertian dongeng, pengertian cerita anak, contoh cerpen yang mengandung nilai moral, cerota pendek mengandung nilai moral, komik pendek pesan moral, dongeng singkat yang memiliki pesan moral, contoh cerpen singkat yang mengandung nilai moral, cerpen/yg mengandung moral, cerita pendek yg memiliki pesan moral, cerita yg mengandung pesan moral
Similar posts

1 Comment

  1. June 22, 2009    

    Bacaan Anak Pengaruhi Karakternya 25 Tahun Mendatang!

    JAKARTA, KOMPAS.com – Cerita atau bacaan yang dibaca oleh anak kita saat ini akan memengaruhi karakternya 25 tahun kemudian, apakah si anak itu cerdik, jujur, licik, serta berbagai karakter lain yang baik atau buruk dalam dirinya.

    Untuk itulah, orang tua perlu pandai-pandai dan bijaksana memilihkan bacaan untuk anaknya. Demikian teori David McClelland tersebut dilontarkan oleh Renny Yaniar, Pemimpin Redaksi Majalah Anak Mombi, dalam diskusi ‘Cerita Rakyat Memperkaya Dunia Dongeng Anak’, Sabtu (21/6), di Jakarta.

    Renny menambahkan, untuk teorinya itu McClelland mengambil sampel Inggris dan Spanyol, dua negara raksasa di awal abad ke-16. Dalam perkembangan selanjutnya, ujar Renny, Inggris terus menjadi negara maju, sebaliknya Spanyol malah mengalami kemunduran.

    “Mengapa bisa begitu ternyata McClelland, psikolog asal Universitas Harvard, itu mendasari penyebabnya bahwa persoalan karakter anak-anak sebagai generasi penerus bangsanya adalah berlatar dari apa yang mereka baca,” ujar Renny.

    Menurut McClelland, lanjut Renny, cerita dan dongeng-dongeng yang berkembang di Inggris pada masa-masa itu mengandung nilai-nilai optimisme yang tinggi (need for achievement), keberanian untuk mengubah nasib, serta sikap tidak gampang menyerah.

    “Dongeng-dongeng itu ternyata telah menjadi virus yang mampu membuat anak-anak sebagai penikmatnya dipengaruhi sindroma ingin terus maju dan terus berprestasi tanpa kenal menyerah,” ujar Renny. “Sebaliknya, umumnya dongeng di Spanyol kebanyakan mengandung nilai-nilai komedi berunsur kecerdikan yang licik dan penuh tipu daya, seperti kisah si Kancil,” tambahnya.

    Untuk itulah, Renny mengisyarakatkan perlunya orang tua zaman sekarang memilih bacaan yang baik untuk putra-putrinya, khususnya yang masih berusia dini. Cerita Rakyat, lanjut Renny, merupakan satu dari sekian banyak bacaan yang perlu menjadi pilihan bagi orang tua.

    “Cerita rakyat itu imajinatif sehingga sangat baik untuk mengembangkan daya berpikir si anak, apalagi di dalamnya penuh mengandung pesan yang baik soal kejujuran, pantang menyerah, hormat kepada orang dan lain-lain yang selalu bersifat positif,” ujar Renny.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>


Inspirasi Menulis

Merangkai cerita itu bak seseorang yang sedang menyulam kain sutera. Bila tidakteliti dan sabar akan berkerut dan itu berarti gagal. — Pearl S. Buck (1892 -1973)