Beberapa Fitur Baru WordPress 2.9: Sangat Membantu Penggunanya

Wordpress

WordPress

WordPress merupakan sebuah CMS yang  paling sering  di updated. Bagi Anda pengguna wordpress jangan lupa mengunduh wordpress 2.9 yang memiliki beberapa fitur baru yang sangat bermanfaat bagi Anda.

Beberapa fitur baru yang terdapat dalam versi wordpress terbaru yaitu wordpress 2.9 beta 2 adalah sebagai berikut.

Image Editor

Image editor memiliki beberapa fungsi yang sangat berguna seperti image cropping, image rotation, image sizing dan image flipping. Andapun dapat membatalkan atau mengulang editing yang telah Anda lakukan.

Trash Can

WordPress 2.9 memperkenalkan fitur Trash Can yang memungkinkan Anda untuk melakukan undelete postingan yang seharusnya tidak dihapus. Fitur Trash baru ini menghilangkan fitur sebelumnya yaitu fungsi Delete, ketika Anda klik link Trash,  status posting  akan dipidahkan ke status  Trash.

Secara default posting yang terdapat dalam “Trash”  dapat dikembalikan lagi dalam jangka waktu 30 hari. Tetapi anda juga dapat membatasi jumlah hari suatu postingan berada dalam Trash dengan menambahkan kode di bawah ini pada wp-config.php Anda:

define(’EMPTY_TRASH_DAYS’, 7);

Angka 7  dapat diubah ke jumlah hari yang Anda inginkan suatu postingan yang Anda delete tersimpan dalam trash can.

Batch plugin update

Dengan fitur ini Anda tidak perlu mengupdate plugin satu-persatu. Anda cukup menggunakan fitur ini untuk mengupdate semua plugin yang sudah mempunyai update terbarunya

Easier video embeds

Dengan fitur Oembed support yang sudah tersedia di versi 2.9 Anda tinggal melakukan copy paste URL video dan WordPress akan otomatis mengkonversi video tersebut ke halaman posting/page Anda. Dengan demikian Anda tidak membutuhkan plugin khusus untuk memasang video dalam postingan Anda.

Perawatan Otomatis Database

WordPress 2.9 memperkenalkan fitur baru yang dapat membantu Anda untuk secara otomatis memperbaiki permasalahan database. Fitur ini sangat bermanfaat karena banyak pengguna WP yang jarang melakukan perawatan database atau melakukan optimasi database. Fitur perawatan database akan memperkecil kemungkinan database (DB) wordpress  mengalami kerusakan.

Untuk melakukan setup Automatic DB repairs pada WP 2.9, Anda perlu menambahkan konstan baru pada file wp-config.php seperti ini:

define(’WP_ALLOW_REPAIR’, true);

Setelah itu, WordPress akan secara otomatis memperbaiki atau merawat DB secara teratur.

Inilah beberapa fitur wordpress baru yang dapat Anda  manfaatkan untuk semakin mengoptimalkan pemanfataan web Anda yang berbasis wordpress. Jangan lupa untuk mengunduh wordpress versi terbaru

Hosting Stabil & Aman, Silahkan Klik

author
Sekolah Online Visikata: Belajar Menulis Online, Pelatihan Penulisan Online, Membuat Web Bisnis

Leave a reply "Beberapa Fitur Baru WordPress 2.9: Sangat Membantu Penggunanya"