Home » Article, Tutorial

Gaya Penulisan Artikel Opini

2 March 2011 2,251 views No Comment



Artikel opini biasanya diterbitkan oleh  koran dan majalah. Panjangnya berkisar antara 4-6 halaman kwarto spasi ganda. Karena untuk konsumsi umum maka artikel opini harus fokus, padat dan ringkas.

Artikel opini berbeda dengan berita. Berita berlandaskan pada fakta sedangkan opini merupakan hasil ide,  gagasan, dan pendapat penulis (Sagiya,2008). Ruang lingkup artikel opini sangat luas mencakup aspek sosial, ekonomi, politik dan aspek kebudayaan lainnya.

Artikel Opini

Artikel Opini

Untuk memulai menulis artikel opini maka cukup penting untuk memahami gaya penulisan artikel opini.

Ada empat gaya penulisan artikel opini yang perlu diketahui, yaitu ekposisi, deskripsi, argumentasi dan narasi. Dalam sebuah artikel biasanya juga mengandung beberapa gaya sekaligus.

Tulisan opini bergaya ekposisi adalah sebuah tulisan yang bersifat menjelaskan, mengevaluasi atau mengklarifikasi sebuah persoalan.

Marilah kita coba memahami secara garis besar empat gaya penulisan yang dapat dignakan dalam suatu artikel opini.

Pada artikel opini dengan gaya deskripsi pembaca seakan-akan diajak untuk melihat sendiri ,mengalami, dan merasakan apa yang terjadi sebagaimana yang dipersespikan menurut panca indra demikian menurut Alwasilah.

Untuk artikel opini bergaya narasi atau bercerita pembaca diajak untuk melihat rangkaian peristiwa dalam sebuah urutan yang kronologis. Gaya narasi biasanya digunakan untuk penulisan fiksi tapi dalam konteks penulisan opini tentu harus berdasarkan  realitas yang dapat dipahami secara umum.

Gaya tulisan yang terakhir yang dapat digunakan dalam sebuah artikel opini adalah gaya argumentasi. Tulisan dengan gaya  argumentasi  biasanya digunakan untuk karangan ilmiah. Dengan gaya argumentasi ini penulis berusaha membangun argumentasi untuk membuktikan kebenaran atau tidak kebenaran sebuah sebuah pernyataan. Ada dua ketegori yang digunakan untuk membangun argumentasi yaitu secara induktik atau deduktif. Penulis dapat memilih salah satu kategori untuk sebuah tulisannya.

Keyword yang digunakan pengunjung:

contoh opini, opini penulis, artikel opini

Leave your response!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

1+4= (Plus)