Home » Article

Pengertian Cerita Pendek (Cerpen)

25 August 2009 48,242 views 4 Comments



Dalam dunia sastra kita mengenal prosa dan puisi. Prosa meliputi roman(novel), dan cerita pendek(cerpen). Ada juga jenis prosa yang lebih pendek dari novel, tetapi lebih panjang dari cerpen, yang disebut novelet. Cerpen, novelette atau novel, tergolong tulisan kreatif (creative writing).

Menulis Cerpen

Menulis Cerpen

Lalu apakah yang disebut cerita pendek atau cerpen itu? Cerpen adalah cerita yang ditulis pendek. Tetapi seberapa pendeknya? Bukankah panjang atau pendek itu relative? Karena itu lalu dibuat patokan yang sudah umum berlaku. Sebagai patokan atau pedoman umum, ceroen terdiri dari 2000 kata sampai dengan 10.000 kata. Penggolongannya adalah sebagai berikut:

        • Cerita Pendek (short story)
        • Cerita pendek yang pendek (short, short story)
        • Cerita pendek yang sangat pendek (very short-short story)

Cerpen yang pendek hanya terdiri dari 750 sampai dengan 1000 kata. Cerpen jenis ini biasanya disebut cerita mini yang lazaim disingkat cermin. Di Barat cermin disebut flash – yang artinya sekilas atau sekelebatan membacanya. Jenis ini tergolong dalam very short-short story.

Sedangkan cerpen yang ditulis sampai dengan 10.000 kata bisa disebut dengan cerpan(cerita pendek yang panjang).Jenis cerpen ini bisa dikembangkan menjadi novelette atau novel pendek. Karya-karya cerpen para sastrawan Eropa, Amerika Latin dan AS tahun 1940 – 1960-an pada umumnya ditulis begitu panjang dan layak disebut cerpan.

Cerpen yang ideal adalah sebagai berikut:

  • Ditulis terdiri dari 3.000 atau 4.000 kata.
  • Bahasa dan isinya mudah dipahami. Dengan demikian, cerpen tersebut dapat di baca kurang dari satu jam dan isinya tidak terlupakan oleh pembacanya sepanjang waktu.

Ada dua tipe cerpen, yaitu cerpen yang ditulis dengan sempurna disebut well made short-story dan cerpen yang ditulis tidak utuh disebut slice of life short-story. Tipe pertama adalah cerpen yang ditulis secara fokus yaitu: satu tema dengan plot yang sangat jelas dan ending yang mudah dipahami. Cerpen tersebut pada umunya bersifat kovensional dan berdasar pada realitas /fakta. Maka cerpen tipe ini biasanya enak dibaca dan mudah dipahami. Pembaca awam dapat membaca cerpen jenis ini kurang dari satu jam.

Sebaliknya, cerpen tipe kedua, yaitu slice of life short-story, tidak terfokus temanya, memencar, sehingga plot tidak terstruktur. Plot(alur) ceritanya kadang dibuat mengambang oleh pengarang.nya. Pada umumnya,cerpen jenis ini ditulis dengan gaya kontemporer dan bersumber dari ide atau gagasan murni, maka disebut juga dengan cerpen gagasan. Dengan demikian, cerpen tipe ini seringkali sulit dipahami sehingga perlu dibaca berulang-ulang.Pembaca karya seperti itu adalah kalangan tertentu yang memang paham akan karya-karya sastra.

Cerpen tipe mana pun, yang ditulis sebagai cerpen standar, cermin(flash) maupun cerpan mempunyai beberapa persamaan:

  • Bercerita tentang manusia atau sesuatu yang dimanusiakan
  • Menyajikan satu (tunggal) peristiwa(lampau, sekarang atau yang akan datang)
  • Jumlah tokoh yang ditampilkan satu atau paling banyak tiga orang.
  • Kurun waktu peristiwa sangat terbatas.
  • Pada umumnya, karya dipublikasi di media-massa sebelum diterbitkan dalam bentukkumpulan cerpen.
  • Mengandung elemen plot, sudut pandang, tokoh/pelaku, dialog, konflik, setting dan suasana hati (mood/atmosphere)

Sumber:

  • Buku CREATIVE WRITING, Jurus Menulis Cerita Pendek
  • Oleh Naning Pranoto
  • Penerbit Rayakultura.


Keyword yang digunakan pengunjung:

pengertian cerpen, arti cerpen, Definisi Cerpen, pengertian cerita pendek, pengertian cerita, jenis-jenis cerpen, cerpen adalah, pengertian cerpen menurut para ahli, pengertian novelet, jenis-jenis prosa, arti cerita, definisi cerita pendek, jenis jenis cerpen, apa yang dimaksud dengan cerpen, pengertian cerpen adalah, pengertian cerpen dan novel, arti cerita pendek, jenis jenis prosa, jenis cerpen, pengertian cerita anak, defenisi CERPEN, apa itu cerpen, arti dari cerpen, definisi cerpen menurut para ahli, makna cerpen, jenis-jenis cerita pendek, definisi cerita, Pengertian Novel dan Cerpen, pengertian cerita pendek menurut para ahli, pengertian cerpen sastra

4 Comments »

  • anto said:

    - beberapa referensi menyebutkan flash fiction dibatasi 100 kata. lebih dr itu disebut cerpen (short story), menurut anda ?
    - Cerpen slice of life : Kalau temax tdk fokus & sempit, bagaimana mungkin menuntaskan sebuah cerita dalam 1000 kata ? menurut sy cerpen yg plotx memencar hanya berlindung dibalik istilah SASTRA. Cerpen harus jelas (awal, tengah, akhir), elemenx lengkap (karakter, konflik, setting, resolusi)seperti tipe pertama. ada seorang teman mengatakan bahwa “kadang sastra hanya dijadikan jubah utk menutupi ketidakmampuan menulis “.

    haha..mungkin sy pembaca cerpen tipe pertama dlm pengertian CERITA secara harfiah, bukan sekedar potongan gagasan murni & sketsa ide belaka…
    wallahu a’lam

  • Sejarah Cerpen dan Tokoh Cerpen Dunia | Visikata.Com said:

    [...] dalam lembar daun lontar yang diperkirakan dituis sekitar tahun 3000 SM. Selain itu ditemukan pula flash-flash di nisan-nisan kuburan tua di Mesir. Di Yunani,  cerpen  klasik berupa fabel yaitu cerita yang [...]

  • sani susantri said:

    Apa sih yang di maksud dengan cerpen literatur dan cerpen populerf?

  • Percetakan said:

    Makasih infonya. Lumayan buat ngisi waktu buat nulis cerpen :)

Leave your response!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

1+5= (Plus)